-->

Thursday 21 July 2016

Objek Wisata Situ Sangiang Majalengka

Situ ini merupakan salah satu wana wisata alam pegunungan yang berada di Desa Sangiang, Kecamatan Banjaran, Kabupaten Majalengka atau sekitar 27 Km dari pusat Kota Majalengka.



Situ Sangiang memiliki luas mencapai kurang lebih 26,4 hektar dimana sumber airnya berasal dari mata air tanah dan curah hujan. Situ Sangiang termasuk sebagai salah satu Taman Nasional Gunung Ciremai.

Tempatnya sangat mudah diakses dengan jalan yang sudah beraspal sampai pada lokasi. Jalur kendaraanpun sangat mudah ditempuh dari jalan provinsi. Ada dua alternatif jalur menuju ke lokasi Situ Sangiang ini dari jalan provinsi (Majalengka-Kuningan),
- pertama;  masuk dari Desa Wates/Cihaur melewati Desa Garasiang -> lokasi
- kedua; masuk dari Kota Kecamatan Talaga (Polsek) melewati Desa Darmalarang -> lokasi



Keindahan panorama alam pegunungan yang memanjakan mata dan birunya air situ sungguh membuat kita dimanjakan dengan pesonanya. Di tempat wisata Situ sangiang ini pengunjung dapat melihat pemandangan Situ yang indah serta dapat berziarah ke makam keramat Pucuk Ulum Talaga atau Sunan Parung. Lokasi tempat wisata ini adalah terdapat di Desa Sangiang Kecamatan Banjaran Majalengka Jawa Barat. Jarak untuk mencapat Situ Sangiang adalah sekitar 27 km dari pusat kota Majalengka. Akses menuju tempat wisata ini sudah bagus sehingga dapat membuat pengunjung nyaman. Selain menikmati panorama situ, di tempat ini pengunjung dapat menyaksikan kegiatan budaya seperti potong kambing yang diadakan pada waktu-waktu tertentu, biasanya Senin dan Kamis. Selain itu juga terdapat agrowisata jagung dan susu murni.

Selain tempat wisata Situ Sangiang juga banyak di datangi oleh para peziarah, sebagaimana kita tahu bahwa di Situ Sangiang inilah terdapat Makam Sunan Parung, seorang raja keturunan dari Kerajaan Talaga yang menyebarkan agama islam di daerah tersebut dan konon Situ Sangiang tercipta dari menghilangnya sebuah Kerajaan (simak; Sejarah 'Situ Sangiang' Talaga)

Advertiser

Comments
0 Comments