-->

Monday 22 August 2016

Taman Nasional Gunung Ciremai


Jika Anda gemar sekali berpetualang mendaki gunung, maka bisa berkunjung ke tempat wisata di Majalengka Gunung Ciremai. Untuk menuju tempat wisata yang satu ini membutuhkan perjuangan ekstra. Nama lain dari Gunung Ciremai sendiri adalah Cermai, Careme, Cerme, Cereme, dan Ceremai. Secara administratif, Gunung Ciremai ini tergolong ke dalam 3 area, yakni Kuningan, Cirebon dan Majalengka. Gunung Ciremai sendiri memiliki ketinggian sekitar 3.078 mdpl. Adapun area yang terdapat di Gunung Ciremai kini telah dikelola Taman Nasional Gunung Ciremai.

Gunung tertinggi di Jawa Barat ini berada di tiga kabupaten sekaligus, yaitu Kabupaten Majalengka, Kuningan dan Cirebon. Selain paling tinggi, gunung ini memiliki keunikan lain berupa kawah ganda. Kawah Barat dengan radius 400 meter terpotong Kawah timur dengan radius 600 meter.




Bekas titik letusan bernama Gowa Walet berada di lereng selatan, dengan ketinggian mencapai 1.900 mdpl. Luas areal gunung ini mencapai 15 ribu hektar. Gunung ini termasuk dalam kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai atau TNGC. Untuk mendakinya bisa melintasi Jalur Apuy di Majalengka, Jalur Palutungan di Kuningan dan Jalur Linggarjati di Kuningan.




Advertiser

Comments
0 Comments